Jumat, 06 Maret 2020

AWAL MULA DARATAN DAN LAUTAN

AWAL MULA DARATAN DAN LAUTAN

Fakta tentang Pangaea, Saat Bumi Memiliki Satu Daratan

dari beberapa catatan yang menuliskan bukti bukti tersebut, kita dapat meyakini kebenaran AL QURAN NUL KARIM bahwa dulunya antara lautan dan daratan hanya di bagi dua yaitu PANGAEA DAN PANTHALASSA

TEMPO.CONova Scotia - Sekitar 300 juta tahun yang lalu, Bumi tidak memiliki tujuh benua, namun satu supercontinent (benua raksasa) yang disebut Pangaea, yang dikelilingi oleh satu samudra yang disebut Panthalassa.

Penjelasan untuk formasi Pangea mengantar pada teori lempeng tektonik modern, yang mengemukakan bahwa kulit terluar bumi dipecah menjadi beberapa lempeng yang meluncur di atas cangkang berbatu Bumi, mantelnya.

Selama sejarah 3,5 miliar tahun planet ini, beberapa supercontinent telah terbentuk dan dipecah, akibat gejolak dan peredaran di mantel bumi, yang merupakan sebagian besar volume planet ini. Perpecahan dan pembentukan supercontinent ini telah mengubah secara dramatis sejarah planet ini.
"Inilah yang mendorong seluruh evolusi planet ini sepanjang waktu," kata Brendan Murphy, seorang profesor geologi di St. Francis Xavier University, Antigonish, Nova Scotia, sebagaimana dikutip Live Science Kamis, 22 Februari 2018.
Lebih dari seabad yang lalu, ilmuwan Alfred Wegener mengusulkan gagasan tentang supercontinent kuno, yang dia namai Pangaea (kadang-kadang dieja Pangea), setelah mengumpulkan beberapa baris bukti.
Yang pertama dan yang paling jelas adalah bahwa “benua persis seperti lidah dan alur”, sesuatu yang cukup mencolok pada peta yang akurat, kata Murphy.
Petunjuk lain menunjukkan bahwa benua Bumi adalah satu daratan berasal dari catatan geologi. Arang batubara yang ditemukan di Pennsylvania memiliki komposisi serupa dengan yang tersebar di Polandia, Inggris dan Jerman dari periode waktu yang sama. Itu menunjukkan bahwa Amerika Utara dan Eropa pasti pernah menjadi satu daratan tunggal.
“Dan orientasi mineral magnetik dalam sedimen geologis mengungkapkan bagaimana kutub magnet bumi bermigrasi selama waktu geologis,” kata Murphy.
Dalam catatan fosil, tanaman identik, seperti bibit Glucopteris pakis yang telah punah, ditemukan di benua yang sekarang berbeda. Dan rantai pegunungan yang sekarang berada di benua yang berbeda, seperti Appalachian di Amerika Serikat dan Pegunungan Atlas di Maroko, semuanya adalah bagian dari Pegunungan Pangaea Tengah, yang terbentuk melalui tabrakan supercontinent Gondwana dan Laurussia
Pangaea terbentuk melalui proses bertahap yang membentang beberapa ratus juta tahun. Dimulai sekitar 480 juta tahun yang lalu, sebuah benua yang disebut Laurentia, yang mencakup bagian-bagian dari Amerika Utara, bergabung dengan beberapa benua mikro lainnya untuk membentuk Euramerica. Euramerica akhirnya bertabrakan dengan Gondwana, supercontinent lain yang mencakup Afrika, Australia, Amerika Selatan dan benua India.
Sekitar 200 juta tahun yang lalu, supercontinent Bumi mulai pecah. Gondwana (yang sekarang Afrika, Amerika Selatan, Antartika, India dan Australia) pertama kali berpisah dari Laurasia (Eurasia dan Amerika Utara). Lalu sekitar 150 juta tahun yang lalu, Gondwana bubar. India yang terlepas dari Antartika, dan Afrika dan Amerika Selatan retak, menurut sebuah artikel tahun 1970 di Journal of Geophysical Research. Sekitar 60 juta tahun yang lalu, Amerika Utara terpecah dari Eurasia.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar